Sejarah Sepak Bola

Pada abad 15 Masehi, kala itu terjadi peperangan antara dua bangsa, banyak korban yang meninggal di kedua belah pihak. Mayat-mayat berserakan dimana-mana, badan terpisah dengan kepala.

Sengaja atau tidak, para serdadu perang itu menendang-nendang kepala mayat yang berserakan itu. Keisengan tersebut ternyata menjadi kebiasaan, para serdadu itu menendang kepala mayat, seperti layaknya bermain bola. Setiap harinya, kepala mayat manusia tersebut dijadikan alat permainan oleh para serdadu yang sedang istirahat. Permainan ini kemudian dikenal sebagai permainan sepakbola.

Pada tahun 1863, negara Inggris memperkenalkan peraturan permainan sepakbola dengan istilah yang lebih modern, kick and run (menendang dan berlari). Pada tahun 1904 FIFA berdiri. sekitar 26 tahun kemudian, pada tahun 1930, permainan tersebut masuk ke Indonesia melalui kolonial Belanda. Lama-kelamaan permainan sepakbola menyebarke berbagai wilayah nusantara, dan berdirilah organisasi sepakbola nasional pada tahun 1930-an. Organisasi tersebut dikenal dengan nama PSSI, singkatan dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Hingga sekarang, sepakbola menjadi permainan merakyat di seluruh dunia.

Sepakbola merupakan permainan yang dilakukan oleh dua tim / regu. Setiap tim terdiri atas 11 pemain. Permainan sepakbola membutuhkan kerjasama tim yang kompak. Disamping itu variasi dan kombinasi teknik-teknik dasar juga diperlukan dalam permainan ini.

Teknik-teknik dasar permainan sepakbola sangat penting untuk diketahui, sebagai langkah menuju permainan yang baik dan menarik untuk ditonton. Teknik-teknik dasar itu adalah menendang bola, menghentikan bola, menggiring bola, menyundul bola, dan melempar bola.

Sebelum berlatih, biasakan dahulu melakukan pemanasan, adapun pemanasan bertujuan untuk :

1. Mempersiapkan diri/menaikkan suhu tubuh

2. Mengenal materi pelajaran

3. Menghindari terjadinya cedera olahraga

4. Melemaskan otot-otot

This entry was posted in Permainan Bola Besar. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s